Ketentuan Makalah

Home / Call For Paper / Ketentuan Makalah

Kertas berukuran A4. Naskah ditulis satu kolom dan spasi tunggal menggunakan Microsoft Word (.doc atau .docx) dengan pias kiri 3 cm dan pias lainnya 2 cm. Jenis huruf ialah Times New Roman dengan ukuran dan ketentuan penulisan sebagai berikut:

  • judul naskah 16 pt, rata kiri, dicetak tebal;
  • judul bab 14 pt, rata kiri, dicetak tebal;
  • judul subbab 12 pt, rata kiri, dicetak tebal;
  • teks/isi 12 pt, rata kiri; dan
  • judul gambar dan tabel 11 pt, rata tengah.

Maksimum halaman untuk setiap paper berjumlah 10 halaman.

Sistematika

Isi naskah terdiri atas Judul Bahasa Indonesia; Judul Bahasa Inggris (dicetak miring); Data Penulis; Abstrak dan Kata Kunci; Abstract dan Keywords; Pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan; Metode; Hasil dan Pembahasan; Simpulan; Ucapan Terima Kasih (jika ada); dan Daftar Pustaka.

Judul. Judul terdiri atas tidak lebih dari 15 kata. Setiap kata diawali dengan huruf kapital, kecuali kata penghubung.

Data Penulis. Nama lengkap penulis (tanpa singkatan) dan alamat institusi penulis (lengkap dengan nama kota, provinsi, kode pos, dan email). Untuk penulis korespondensi, tambahkan data nomor telepon dan nomor faks. Data yang ditulis pada catatan kaki berukuran 9 pt.

Contoh:

Karlisa Priandana1*, Jun-Ichi Takada2

1Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor, Bogor 16680, email: karlisa@hostname.com

2Department of International Development Engineering, Tokyo Institute of Technology, Tokyo 152-8552, Jepang, email: takada@hostname.com

*Penulis Korespondensi: Tel/Faks: 0251-8625584

 

Auzi Asfarian*, Firman Ardiansyah

Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor, Bogor 1668, email: auzi@hostname.com; firman@hostname.com

*Penulis Korespondensi: Tel/Faks: 0251-8625584

 

Abstrak. Abstrak ditulis dalam 1 paragraf dan panjangnya tidak lebih dari 200 kata. Abstrak berisi ringkasan lengkap dari seluruh naskah tanpa memberi keterangan terperinci dari setiap bab. Abstrak dimulai dengan uraian latar belakang penelitian dalam 2-3 kalimat, metode, dan hasil temuan utama yang secara langsung menjawab masalah penelitian. Hindari penggunaan singkatan.

Kata Kunci. Kata Kunci terdiri atas maksimum 5 kata, diurutkan berdasarkan abjad.

Pendahuluan. Bab ini memuat latar belakang yang mengulas alasan mengapa penelitian dilakukan. Uraikan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan. Berikan referensi yang digunakan sebagai kerangka acuan yang mendasari kegiatan penelitian. Akhiri pendahuluan dengan tujuan.

Metode. Bab ini berisi ruang lingkup penelitian (jika ada) dan diikuti dengan metode yang akan digunakan. Metode mencakup hal-hal yang memungkinkan pembaca mengulang kembali penelitian, misalnya bahan, alat dan langkah-langkah penelitian.

Hasil dan Pembahasan. Kemukakan hasil dari penelitian yang diperoleh berdasarkan pada metode yang digunakan. Hasil dapat didukung dengan data dalam tabel atau gambar. Hasil disajikan dengan cendekia. Sumber acuan dapat digunakan dalam pembahasan.

Simpulan. Simpulan ditulis dengan ringkas dan padat, dapat ditambahkan implikasi dari hasil yang diperoleh.

Ucapan Terima Kasih. Bagian ini digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang diperoleh dan memberikan penghargaan kepada institusi atau orang yang membantu secara langsung dalam pelaksanaan penelitian atau penulisan naskah.

Daftar Pustaka. Bagian ini menyajikan sumber acuan yang dirujuk dalam naskah.

Penulisan Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis mengikuti sistem nama tahun (Harvard), nama penulis diurutkan mengikuti abjad. Ketentuan penulisannya sesuai teladan di bawah ini.

Berkala Ilmiah: Nama penulis 1, 2, 3. Tahun terbit. Judul artikel. Nama Berkala Ilmiah. Vol (edisi): halaman.

Nefti S, Oussalah M, Kaymak U. 2008. A new fuzzy set merging technique using inclusion-based fuzzy clustering. IEEE Trans Fuzzy Syst. 16 (1): 145-161.

Berkala Ilmiah Online: Nama penulis 1, 2, 3. Tahun terbit. Judul artikel. Nama berkala ilmiah [Internet]. Waktu pembaharuan (jika ada); waktu unduh [diunduh tahun bulan tanggal]; Volume (edisi): lokasi. Catatan (jika ada).

Chunyu H, Hwangnam K, Jennifer CH, Dennis C, Sai S N. 2010. A distributed approach of proportional bandwidth allocation for real-time services in ultra wide band (UWB) WPANs. IEEE/ACM Trans. Parallel and Distributed System [Internet]. [diunduh 2011 Des 29]; 21(11):1626-1643  http://doi.ieeecomputersociety.org/10.1109/ TPDS.2010.32.

Buku: Nama Penulis 1, 2. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit (kode negara): Nama Penerbit.

Pressman RS. 2005. Software Engineering: A Practitioner’s Approach Ed ke-6. Boston (US): McGraw Hill.

Skripsi, Tesis, dan Disertasi: Nama penulis. Tahun terbit. Judul [jenis publikasi]. Kota terbit (kode negara): Nama Perguruan Tinggi.

Giri EP. 2008. Model klasifikasi menggunakan feature semantik dan association rules untuk biomedical image retrieval system citra pap smear [tesis]. Depok (ID): Universitas Indonesia.

Penyajian Gambar dan Tabel

Gunakan gambar dan tabel dengan lebar maksimum 16 cm. Nomor, judul, dan keterangannya ditulis dalam huruf Times New Roman berukuran 11 pt. Judul gambar dan tabel harus ditulis lengkap sesuai isi gambar dan tabel.

Apabila kolom berisi teks, teks tersebut diketik rata kiri dengan spasi tunggal. Apabila kolom hanya berisi bilangan, ditulis rata kanan. Angka desimal ditunjukkan dengan tanda titik (contoh: 12.34). Samakan jumlah angka di belakang tanda titik.